Do’a….. Apa nyuruh Tuhan ya???



                Assalamualaikum……
Hay sobat, pernah berfikiran kalau do’a kita gak pernah dikabulkan? Atau  pernah punya pikiran kalau Allah memang gak sayang sama kita? Sstt….. jangan salah bro…. jangan punya pikiran seperti itu dulu. Pantaskah kita punya pikiran bahwa Tuhan gak sayang kita? Wah… Allah kok jadi disalahkan, kita hidup sampai detik ini pun berkat nikmat yang diberi oleh Allah kepada kita. Coba bayangkan jika Allah tidak sayang kita, mungkin hidung anda sudah ditutupi kapas sebelum sempat membaca artikel ini. Hehehe  J
Nah… masalah do’a yang tak kunjung dikabulkan seharusnya kita interopeksi diri kita, apakah cara berdo’a kita sudah betul atau belum, atau mungkin kita yang gak sabar menunggu do’a kita dikabulkan.  Allah sudah berfirman akan mengabulkan do’a seseorang selam dia memohon hanya kepadaNya. Seperti pada firman Allah QS : Al Baqarah 2:186


  وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِي إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

            Nah,, berdasarkan ayat diatas kita dapat manyimpulkan kalu Allah pasti akan mengabulkan segala do’a kita. Sesuatu yang tidak diminta aja diberi kok, misal : rambut. Apakah kita minta untuk diberi rambut oleh Allah? Tuh kan, apalagi yang kita minta, pasti akan diberi oleh Allah. Namun, terkadang manusia lupa untuk melihat kepada dirinya sendiri apakah dia benar dalam berdo’a kepada Allah.
Ada seseorang yang berdo’a kepada Allah untuk diberi kepintaran, namun dia gak punya niat untuk belajar, malah lebih suka rea-reo yang gak jelas kemana. Swearrrr….. deh. Gak bakalan pintar tuh orang. Kalau ingin pintar ya belajar, masalah paham dan tidak paham kita serahkan kepada Allah. Semisal kita sudah belajar dengan keras  namun kita masih belum paham, baru kita boleh untuk minta diberi kepahaman kepada Allah.
Ada yang lebih lucu lagi, ada orang yang minta mobil namun di bayangannya Allah akan menjatuhkan mobil seketika ia berdo’a. wah… ada-ada aja orang itu. INGAT!!! Allah itu memberi nikmat/rizki itu tidak semua secara langsung. Misal : Ketika kita sakit dan berdo’a minta kesembuhan kepada Allah, maka nikmat Allah berupa kesenbuhan diturunkan melalui perantara Dokter. Seperti halnya kita minta kekayaan, Allah tidak memberikan uang secara langsung kepada kita. Namun kita akan mendapat uang melalui hasil kerja kita kepada orang lain atau perusahaan.

Kemudian, salah satu keselahan terbesar manusia saat berdo’a adalah dia lupa untuk bersyukur atas semua nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Itulah manusia, tak pernah puas terhadap apa yang diberi oleh Allah. Terkadang orang yang telah diberi kekayaan yang melimpah oleh Allah masih saja berdo’a “ Ya Allah,,,, berilah aku rizky yang banyak, kekayaan, dan kesejahteraan” Padahal harta yang dimilikinya sudah tak terhitung lagi.
            Sobat…Salah satu cara yang terbaik untuk bisa terkabulnya Do’a adalah dengan beersyukur! ! !

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ(7)                                             

Artinya            : dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Qs. Ibrahim : 7)
Nah… gak ragu lagi kan? Kalau missal kita mensyukuri segala yang diberi oleh Allah pasti Allah akan memberi sesuatu yang kita inginkan Tanpa Memintanya!!! So… don’t worry kita pasti akan tercukupi segala kebutuhan yang kita perlukan asal kita Ikhtiar dan Tawakkal  kepada Allah SWT.
Jadi, mulai sekarang kita berdo’a yang benar! Jangan suka merintah Allah….. Oke…..!!!


EmoticonEmoticon