Tips dan Trik Lolos USM STAN Tahap 2 (tes kesahatan dan kebugaran)



Test USM STAN Tahap 2

Bagi teman - teman yang ingin bertanya lebih lanjut, silahkan kirim pertanyaan ke kolom komentar atau ke email : chamim.champ@gmail.com


            Nah, setelah kalian berhasil melewati USM tahap 1 jangan berbangga dulu ya. Masih ada tes tahap 2. Hehehe
Sekarang aku bakal cerita sedikit gambaran dan pengalaman perihal tes tahap 2 USM STAN.
USM STAN tahap 2 terdiri atas TIGA bagian. Tes kesehatan, Kebugaran, dan Assesment/wawancara. 

A. Tes Kesehatan
            Tes kesehatan merupakan tahap tes yang paling awal dalam rangkaian tes USM STAN tahap 2. Ada beberapa tahap dalam tes kesehatan, berikut tahap-tahapnya :
1. Tes Kesehatan dimulai pukul 07.30.  Setelah datang di tempat tes, peserta akan diberi nomor antrian.

2. Setelah diberi nomor antrian, peserta menunggu di tempat yang sudah disediakan. Peserta juga akan mendapatkan form kesehatan (mirip seperti form check up rumah sakit) dan peserta disuruh mengisi biodata diri.

3. Setelah peserta dipanggil oleh panitia, peserta menuju ke pos pemeriksaan pertama. Berat dan Tinggi badan, Tensi Darah, dan Denyut Nadi. Usahakan berat badan kalian ideal ya. Udah tahu rumusnya kan? Rumus = Tinggi badan  – 110. Tapi kalo emang gak bisa ideal gak papa yang penting sehat wal’afiat. Berat badanku dulu 50 Kg dengan tinggi badan 175. Tapi lulus juga :D. Saat pemeriksaan tensi darah, JANGAN GROGI! Karena apabila grogi, tekanan darah dapat meningkat dan dapat didiagnosa HIPERTENSI. Tensi normal untuk seorang berumur 15-17 tahun adalah 100-120 mmHg untuk systole, dan 60-80 mmHg untuk diastole. Untuk denyut nadi normal adalah 60-80 denyut per menit.

4. Setelah pengukuran tinggi dan berat badan, peserta menuju ke pos kedua yaitu Tes Mata. Pada pos ini peserta disuruh duduk di jarak 5-7m dari papan yang berisi rangkaian huruf untuk mengecek kekuatan lensa mata, minus/plus. Lihatlah form check up anda, apabila dokter menulis VOD 6/6. Maka mata anda normal.Untuk peserta yang memakai kacamata ,KACAMATA HARUS DIPAKAI.


               Dahulu KHUSUS prodi BEA CUKAI batas minus mata yang masih bisa lulus tes kesehatan adalah -3 (Mulai tahun 2014, minus mata menjadi -2) . Apabila lebih dari itu, peserta dinyatakan GAGAL. Untuk SPES lain selain BC, masih diperkenankan. Setelah diperiksa kekuatan lensa mata peserta. Peserta akan dites buta warna. Peserta disuruh untuk melihat serangkaian bintik-bintik warna yang membentuk angka. Peserta disuruh untuk menyebutkan satu per satu warna yang ada di gambar. KHUSUS BC, Buta Warna tidak diperkenankan, TAPI untuk SPES lain MASIH BISA LOLOS (Untuk buta warna TOTAL tidak diperkenankan).



5. Setelah tes mata, peserta menuju pos 3. Di pos 3 ini peserta akan diperiksa satu dokter khusus. Di pos 3 banyak dilakukan tes. 

Pertama, adalah tes THT. Di sini peserta akan diperiksa kesehatan Telinga, Hidung, dan Tenggorokan. Kesehatan Telinga diperiksa kebersihan telinga dan apakah di dalam telinga ada luka atau tidak. Jangan terlalu berlebihan saat membersihkan telinga sebelum tes, karena dulu telinga dalam saya sedikit luka karena  saya terlalu berlebihan saat membersihkan telinga. Untungnya sama dokter masih ditoleransi. Kesehatan Hidung diperiksa apakah hidung kalian ada polip (benjolan) atau tidak. Kesehatan Tenggorakan diperiksa apakah tenggorakan peserta mengalami radang yang kronis atau tidak dan terdapat amandel atau tidak.

Kedua, setelah tes THT. Peserta akan diperiksa kesehatan GIGI peserta. Di sini dokter akan memeriksa kebersihan gigi peserta. Apakah gigi menderita karies (lubang gigi) yang kronis atau tidak, flack gigi, dll. Apabila memiliki lubang gigi, segera periksakan dan tambal lubang gigi kalian. Untuk kerapian gigi, menurut saya masih ditoleransi oleh panitia. Karena gigi saya juga gingsul, alias gigi seri tidak rata.

Ketiga, setelah gigi peserta diperiksa. Peserta akan diperiksa kesehatan pembuluh vena mereka. Apakah mengalami pelebaran pembuluh vena (Varises) atau tidak. Dokter akan menyuruh peserta untuk berdiri dengan kaki menjinjit. Dokter kemudian akan memeriksa bagian betis dan belakang  lutut  peserta. Aku dulu terdapat varises, namun masih ringan. Apabila sudah sedang atau berat, mungkin akan memengaruhi hasil tes. 

Keempat, dokter akan memeriksa bagian anus peserta. Apakah menderita ambeyen atau tidak. Peserta disuruh mengambil posisi seperti saat ruku’ dalam sholat. Kemudian kita disuruh menarik pantat kita. (Kebayang gelinya kayak apa kan .hehehe) lalu dokter akan memeriksa keadaan anus kita. Tes ambeyen ini berbeda-beda di setiap rayon tes. Untuk di Malang(dan beberapa tempat lain), tes ambeyen tidak dilakukan. Namun, di rayon saya, Surabaya, tes ini dilakukan.

Kelima, peserta disuruh untuk berbaring di ranjang. Dokter pertama-tama akan memeriksa detak jantung peserta. Apakah ada kelainan pada jantung atau tidak. Setelah itu dokter akan memeriksa kesehatan paru-paru peserta. Peserta pertama-tama disuruh bernafas biasa, lalu dokter menyuruh peserta menarik nafas panjang lalu tahan dan kemudian dihembuskan. Setelah itu, dokter memeriksa kesehatan perut peserta, apakah menderita MAAGH KRONIS ATAU TIDAK. Setelah itu dokter akan menekan bagian tepat dibawah tulang rusuk peserta, hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah terdapat PEMBENGKAKAN HATI atau tidak (umumya disebut HEPATITIS).

Keenam, peserta akan diperiksa reflex sistem syaraf mereka dengan cara dipukul bagian dengkul peserta. Hal ini juga berbeda-beda di tiap rayon tes. Untuk di Surabaya, tes reflex tidak dilakukan. Namun, untuk di Malang dan beberapa rayon lain dilakukan.

Setelah menjalani serangkaian tes kesehatan, peserta disuruh menunggu hasil tes diluar. Apabila dinyatakan SEHAT maka peserta akan dipanggil untuk mengikuti tes kebugaran. Apabila TIDAK SEHAT, maka peserta akan dipanggil oleh panitia masuk ruangan dan diajak bicara empat mata. Berdoalah supaya gak masuk EMPAT MATA..hehehe

B. Tes Kebugaran
          Tes kebugaran dibagi atas dua jenis tes. LARI MEMUTARI LAPANGAN dan SHUTTLE RUN.

1. Lari Memutari Lapangan
            Tes ini adalah tes yang mengukur daya tahan peserta. Peserta disuruh untuk berlari mengitari lapangan dalam waktu 12 menit. Keliling lapangan berbeda-beda di tiap rayon. Untuk Surabaya, lapangan yang dipakai adalah lapangan KONI dengan keliling 400m. Untuk malang, lapangan yang dipakai adalah lapangan VODC dengan keliling 250m. Peserta akan diukur berapa putaran yang didapat dalam 12 menit. Saat saya tes dahulu, rata-rata peserta yang lolos yang berhasil saya wawancarai memperoleh >5 putaran untuk tempat tes Surabaya dan >8 putaran untuk rayon Malang. Maka dapat dikatakan untuk dapat lolos tes kebugaran maka harus dapat berlari >2 km dalam waktu 12 menit. Pengecualian untuk peserta yang memilih jurusan D3 BEA dan CUKAI. Untuk dapat lolos harus mampu berlari & 2,4 Km (standart militer).  Usahakan kalian datang sepagi mungkin. Walaupun tes dimulai pukul 7.30. Datanglah maksimal 1 jam sebelum tes dimulai. Teman saya yang tes  pada hari sebelum saya tes, datang pukul 07.00 dan memperoleh giliran lari mengitari lapangan pukul 12.00 WIB. Kebayang kan gimana panasnya!!! Saya dulu datang pukul 05.10. Dan dapat nomor urutan pertama. Lari pukul 08.00. Lumayan, masih adem…hehehe



2. Shuttle Run
            Setelah berlari selama 12 menit, peserta diberi waktu selama 10-15 menit untuk beristirahat. Setelah minum dan istirahat, peserta kemudian dipanggil untuk mengikuti tes selanjutnya,shuttle run. Di tes shuttle run ini, peserta disuruh berlari membentuk angka 8 mengitari dua batang bamboo yang berjarak 10 meter sebanyak 3 kali putaran. Saya dulu latihan shuttle run sebelum USM menggunakan bambu berjarak 7 meter. Rata-rata waktu yang saya butuhkan untuk berlari shuttle run selama latihan adalah 16-17 detik sejumlah 3 putaran. Pada saat USM saya tidak mengetahui berapa lama saya berlari karena dari pihak panitia tidak memberitahukan hasilnya. Tetapi prediksi saya, saya berlari kurang dari 20 detik. Saat saya lari shuttle run, sepatuku aku lepas. Hal ini aku anggap dapat mempercepat langkah lariku. Namun saat latihan,aku tidak melepas sepatu. Agar terbiasa untuk dapat berlari cepat di beban yang berat.

C. Tes Assesment

            Setelah melakukan tes kesehatan dan kebugaran, peserta selanjutnya melaksanakan tes wawancara. Tes wawancara adalah tes yang dilakukan untuk menguji kepribadian dan kejiwaan peserta USM STAN. Tes wawancara dilakukan sebelum/setelah tes kesehatan. Bergantung pada jadwal yang diterima oleh peserta. Berikut urutan tes wawancara yang saat aku USM dulu :
1. Peserta datang sesuai waktu yang ditentukan. Dulu waktu tes dimulai pukul 07.30 WIB. Tetapi pukul 06.00 udah banyak yang pada antre di kantor pajak tempat tes. Kalo aku dulu woles, datang jam 07.00, jadinya dapet giliran jam 15.00 WIB hahaha. JANGAN TIRU YA!!!:D 

2. Peserta wajib melakukan registrasi ulang kepada panitia. Peserta menyerahkan BPU dan KTP peserta. Jadi JANGAN SAMPAI KETINGGALAN YA!!! Dan jangan lupa berpakaian yang RAPI dan SOPAN. Pakai KEMEJA dan CELANA kain. Kemeja enggak harus berwarna putih, yang penting warnanya GAK ALAY. Coba pikirkan sendiri definisi alay di sini.hehehe

3. setelah melakukan daftar ulang, peserta harus menunggu panggilan giliran wawancara. Saat menunggu, peserta diberi formulir yang berisi data diri sebagai berikut :
-          Identitas diri
-          Identitas Orang Tua
-          Riwayat Pendidikan
-          Bimbingan Belajar yang Pernah Diikuti
-          Pengalaman Organisasi
-          Prestasi Selama di Sekolah
-          Kelebihan dan Kekurangan yang dimiliki
-          Hobi
-          Cita – Cita
-       Pernyataan bersedia ditempatkan di instansi Kemenkeu di mana saja.

4. Setelah giliran tiba. Peserta masuk ruangan untuk menjalani tes wawancara. Jangan grogi ataupun berpikiran yang aneh-aneh, kalo hujan jangan mikir celana dalam yang belum diangkat dari jemuran ya! Hehehe. Namun, pengalaman saya sekeras apapun usaha saya untuk tidak grogi, perasaan grogi itu pasti datang. Jadi, saran saya lakukan apapun yang menurut kalian dapat meringankan rasa grogi kalian.

5. Setelah masuk ruangan, peserta akan mendapat pewancara sesuai nomor yang peserta dapat. Di dalam ruangan peserta akan ditanya segala hal sesuai apa yang DIISIKAN DI FORMULIR. Jadi, saat mengisi formulir yang dibagikan sebelumnya jangan asal dan mengarang bebas ya. Karena saat di ruangan nanti apabila kalian ketahuan berbohong, konsekuensinya kalian langsung dinyatakan GAGAL. Berkatalah apa yang sesuai dengan diri kalian BE YOUR SELF! Aku enggak tau apakah pewawancara Psikolog beneran ato enggak. Namun, pasti mereka tahu siapa saja yang berbohong Dan juga etika peserta juga akan dinilai. Jadi saat masuk ketuk pintu, ucapkan salam kepada pewawancara, jabat tangan pewawancara, dan JANGAN DUDUK SEBELUM DIPERSILAHKAN. Kalo emang gak segera dipersilahkan jangan hanya berdiri aja, bilang donk ke pewawancara apakah boleh duduk ato enggak.hahaha

6. Wawancara dilakukan sekitar 20-30 menit. Saat panitia mewawancarai peserta, panitia merekam perkataan kalian. Jadi, ada bukti otentik dari apa yang kalian katakan.. Setelah selesai wawancara, peserta dipersilahkan untuk keluar. DI sini etika juga dinilai! Jadi saat sebelum keluar ucapkan salam dan jabat tangan panitia erat-erat.

TIPS dan TRIK lolos USM STAN tahap 2

A. Tiga bulan sebelum tes

            1. Bagi peserta yang benar-benar pengen masuk STAN. Waktu tiga bulan inilah yang harus dioptimalkan oleh peserta. Khusunya untuk CEWEK. Karena sebelum USM STAN 2013, STAN tidak mempertimbangkan jenis gender. Semua peserta standar fisik disamakan. Jadi siswa cewek di STAN adalah kaum minoritas. Namun, untuk USM STAN tahun 2013 kemarin, kemungkinan pihak STAN telah merubah sedikit peraturan USM. Rasio cowok : cewek yang diterima hampir sama.

            2. Apabila kalian memiliki riwayat penyakit kronis atau tidak mengetahui apakah kalian memiliki penyakit yang parah atau tidak, lakukanlah check up di rumah sakit tiga bulan sebelum test. Nah, mungkin jika ternyata kalian memiliki penyakit yang tidak kalian ketahui sebelumnya, maka waktu tiga bulan merupakan waktu yang cukup untuk melakukan penyembuhan. Penyakit hepatitis, asma, ataupun penyakit yang lain setidaknya dapat diminimalkan dalam waktu 3 bulan. Misal juga mata minus juga dapat dikurangi dalam waktu 3 bulan.

            3. Mulailah mengagendakan jadwal rutin untuk latihan fisik. INGAT!!! Fisik tidak dapat diperbaiki secara instan. Butuh waktu lama untuk meningkatkan kapasitas fisik kita. Untuk tiga bulan sebelum test minimal latihanlah min 3x seminggu. Kalau bisa pagi hari setelah shubuh. Karena ini baik untuk kesehatan paru-paru.

            4. Bagi kalian yang kurang berat badan, waktu 3 bulan cukup untuk menambah berat badan. Posrsi makan ditambah. Tambahlah porsi protein yang kalian konsumsi. Minum susu (susu murni sapi ya kalau bisa). Dan paling penting makan buah dan sayuran.

            5. Bagi kalian yang belum pernah memiliki pengalaman organisasi. Bergabunglah dengan organisasi apapun yang kalian tahu. Remaja masjid, karang taruna, dan lain-lain. Karena pengalaman organisasi sangat dinilai di USM tahap 2 ini.

B. Dua bulan sebelum tes

            1. Tingkatkan program latihan fisik kalian. Dari 3 kali seminggu menjadi 4-5 kali seminggu. Atau bahkan bisa sampai setiap hari latihan.

            2. jangan rubah pola makan untuk penambahan berat badan kalian. Tetep jaga pola makan kalian apabila menurut kalian itu dapat menambah berat badan kalian.
           

C. Satu bulan sebelum tes

            1. PENTING!!! Bagi kalian yang manjadi pecandu ROKOK. Berhentilah sementera selama satu bulan, atau kalau bisa berhentilah selamanya. (Kalo menurutku sih orang merokok itu sama aja orang sok kaya yang bakar-bakar uangnya demi untuk merusak paru-paru hahaha). Hal ini bertujuan agar pada saat tes paru-paru kalian tidak kelihatan rusak parah. Tetapi sebaiknya kalian STOP MEROKOK segera setelah membaca blog ini :D
            2. Tingkatkan porsi latihan kalian. Usahakan setiap hari latihan. Apabila sebelumnya kalian latihan pagi hari saja. Sekarang untuk menambah ketahanan fisik, latihanlah sore hari juga.
            3. setiap latihan, lakukan visualisasi tes yang sebenarnya. Hitunglah menggunakan stopwatch setiap kali latihan. Hitunglah berapa putaran yang mampu kalian capai dalam 12 menit. Dan berapa detik kalian shuttle run. Kalau aku dulu visualisasi tes menggunakan lapangan sepak bola desa dengan keliling +/- 300m.Dan untuk latihan shuttle run, aku menggunakan tiang gawang lapangan yang udah enggak ada jaringnya sepanjang 7 meter.
            4. Sekedar share. Aku dulu sebulam sebelum tes dikasih ramuan jawa penambah stamina. Yaitu mengkonsumsi kuning telur ayam kampung mentah. Khasiat nggak sih? Aku jg gak tau, itu mah kata orang-orang tua. Hahaha dan juga perbanyaklah makan pisang.

D. Seminggu sebelum tes

            1. Lanjutkan latihan yang sudah kalian lakukan selama 3 bulan.
            2. Jaga porsi makan kalian, jangan minum es, makan pedas, dan makanan lain yang dapat memicu gejala penyakit
            3. Kalau bisa, jangan pergi kemana-mana jika tidak terlalu penting. Karena hal tersebut dapat memengaruhi kondisi fisik kalian. Aku seminggu sebelum tes dulu terlalu banyak keluar rumah. Yah, walaupun udah alumni, sekolahku masih membutuhkanku. :D. Al hasil itu membuat kondisi fisikku terlalu letih.

E. Tiga hari sebelum latihan

            1. Berhentilah latihan! Istirahatkan diri kalian. Fisik kalian butuh keadaan yang fresh saat hari-H. Namun, tetaplah lari-lari pagi  dengan porsi yang ringan.
            2. Jangan terlalu banyak begadang. Tidur minimal 8 jam per hari.
            3. Berhentilah mengkonsumsi obat/vitamin jika memang tidak sakit. Karena itu dapat memengaruhi sistem kadiovaskuler kalian dan sistem syaraaf kalian.
            4. Perbanyak minum air putih (bukan susu lo, tapi air mineral :D)

F. Satu hari sebelum tes.

            1. Usahakan bagi peserta yang diluar kota udah ada di tempat tes.
            2. Datanglah ke tempat tes untuk survey lokasi.
            3. Jangan grogi memikirkan tes besok.

G. Hari  H tes.

            1. Bangunlah pagi, kalau bisa sebelum shubuh udah bangun. Habis itu sholat shubuh berjamaah.
            2. Kalau terbiasa sarapan pagi, sarapanlah seapagi mungkin. Missal: jam 3.30 pagi. Itupun jangan terlalu banyak. Menu yang aku sarankan yaitu : setengah piring nasi, susu, sayur ,dan buah pisang. Kenapa begitu? Kalian tahu kan kalian bakal tes lari, jika perut kalian penuh dengan makanan, gak bakalan deh kalian bisa lari kenceng. Tapi jangan enggak sarapan juga,itu gak baik. Kalian nanti bakal diperiksa perut kalian. Kalau perut kalian kosong, maka mungkin dokter akan mendiagnosis yang enggak-enggak hahaha.
Jangan juga minum banyak-banyak, secukupnya aja yang penting bisa buat persediaan buat tenaga lari..
            3. Datanglah maksimal pukul 6 pagi jika kalian enggak ingin lari di siang bolong
            4. JANGAN GROGI!!! Jika kalian grogi akan memengaruhi tensi darah kalian. Tenanglah saat tes. Gak bakalan terjadi apa-apa kok.
            5. Kalau mungkin, ajaklah orang terkasih anda. Misal: Ayah, Ibu , adik, atau kakak. Pokok jangan pacar ya! Malah dosa nanti :D. Kenapa? Pengalaman saat tes dulu, saat aku lari aku hampir tidak kuat. Namun, ketika aku melihat wajah ayahku yang penuh harap saat kepadaku untuk bisa lolos, tiba-tiba rasa tidak kuat itu pun hilang. Kekuatan muncul secara tiba-tiba.
            6. Terakhir, apabila telah selesai tes. Serahkan semua hasil kepada ALLAH. Yakinlah DIA akan memberi yang terbaik buat kita.


Demikian sedikit yang bisa saya bantu perihal USM STAN tahap 1 dan 2. Yang hanya bisa aku lakukan adalah berdo’a agar kalian dapat diberi ALLAH yang terbaik. SEMANGAT!!!!

174 comments

Makasih kak infonya, bermanfaat banget buat aku...:))

Kak, katanya test kebugaran hanya buat formalitas? apakah betul berita itu?

manfaat banget bang :)

sapa bilang? jangan remehkan test kesehatan . banyak yang gagal di tahap ini lo...:D

wah kalau bulan puasa gini gimana mas? kebetulan pengumuman tahap 1 bulan puasa ini..

Tiap sore sebelum berbuka kan bisa. Aku dulu walaupun puasa tetap latihan lari kok. :)

kak yang mata minus maksimal 3 itu buat yang bea cukai atau semua?

mas maaf kalo yg punya buta warna bakal gagal gak? atau cuma persyaratan kepebean dan cukai aja? makasih

@ Andre dan @ Robbi : Itu untuk BC dek syarat maks minus 3 dan buta warna. Untuk spes lain masih deperkenankan. Thanks atas info dan koreksinya.

Info yang saya berikan diatas adalah pengalaman saat TAHUN SAYA (2013), mohon cek kembali pengumuman awal USM STAN. Mungkinada aturan yang berbeda dg tahun lalu.

Sekedar iinfo, untuk BC tahun ini batas maks mata adalah MIN 2. BUKAN Min 3 lagi.

Postingan yang sangat bermanfaat. Terimakasih, Kak :)

Wahh sangat bermanfaat,terima kasih kak :)

kak, itu kan kesehatan gigi juga diperiksa yah.
Kalo masalah bolong sih gak banyak yg bolong gigi saya kak, tapi saya pake behel. Gimana tuh? tolong dijawab ya, tgl 19-20 agustus ini mau tes tahap 2 nih soalnya

Kak , klo saya enggak terlalu aktif di organisasi gimana ya ? apakah itu sgt berpengaruh ?

Kalo pake behel gak masalah kok dek insyaAllah, karena seingetku temenku dulu juga ada yang pake behel pasa waktu test. :)

maaf, "Sangat" ato tidaknya saya kurang tahu ya. Tetapi yang saya tahu bahwa keaktifan seseorang menjadi nilai lebih di test.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

kak kalo ada gigi yg ompong 1 gimana? gigi seri yg ompong (didepan)
pengaruh gak?
makasih kak artikelnya bermanfaat

kak, gimana kalau bpunya rusak atau lecet, tidak sampai koyak sih cmn kusut aja? mohon solusinya ya kak

Ka, kalo gigi berlubang pengaruh banget ga ka? Soalnya gigi ada yg berlubang nih

Dsini ada yg milih D-3 pajak gag pilihan pertamax ? kalau ada alasanx knpa kok milih pajak ?

Maaf late response,, ini lagi di kampung soalnya. dan sinyal di sini bikin emosi..... well akan saya balas satu - satu pertanyaannya...:D

Kesehatan gigi dan mulut berpengaruh pada penilaian dek,, tapi jika ada kekurangan di salah satu bagian tubuh, maka sebisa mungkin tutup kekurangan tersebut di tes lain Misal lari atau shuttle run.

yang penting gak sobek aja dek. insyaAllah aman kok.

kalo aku dulu aku tambal sih dek, ,,

Yang penting kuat lariaja dek...:D

Kak saya gemuk tetapi saya memilih pilihan pertama BC apakah berpengaruh sekali kak? dan apakah saya bisa lolos?

jarak shuttle run 10m,5m, apa 3m?

makasih kak infonya :) oh ya kak, kalo kegitan organisasi kayak ekstrakurikuler itu termasuk organisasi gak? dulu waktu smp saya pernah jadi ketua d eskul yg saya ikuti..

Kak untuk tahun ini kira2 brapa org yg ditrima kak d stan???

Kak kalo aku giginya bolong tapi udah nggak bisa ditambal bisanya dicabut gimana kak?

Makasih banyak kakk infonya! Lengkap banget dari web yang lain :D

Kak kalo tinggi aku cuman 140 cm terus milih prodi pajak gimana kak? Gak ada standarnya kan? Mohon di balas kak

Makasih banyak ya kak atas infonya

kak, aku udh min 4 nih kak, kalau mau tes bisa nggak ya?

kalo pilihanmu selain bea cukai gk masalah dek :)

Jadi kira* kalo buta warna total itu masih ada kesempatan kan kak ? Buat masuk stan selain prodip BC ?

kalau kurus atau gemuk tapi kuat lari itu itu berpengaruh ga kak? makasii

Nggak masalah dek, biar kamu kurus atau gemuk tapi kalau larimu kenceng kayak badai ya gapapa :D

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Kak, kalo seumpama ga kuat lari, boleh jogging gak?

kalau gigi ompong satu karena memang tidak tumbuh lagi setelah gigi susu gimana?

Kakak dulu tes dimana?

Gak masalah sih kayaknya, temenku juga ada yang giginya ompong

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

beneran selain Bea & Cukai buta warna masih di perbolehkan ? saya terkena buta warna parsial / sebagian, tolong di jawab mas

InsyaAllah nggk dek, soalnya temenku kelas ada 4 orang yg buta warna parsial.

Kak, kalau aku skrg masih kelas 11 dan mau masuk stan, apa yg bsa kira2 sy persiapkan di kelas 11 ini ya? terimakasih(:

Kak kalo dinyatakan kurang sehat gara" minus >4, tpi boleh ikut lari ada kemungkinan lolos ngga ya?

ak, tinggi aku 169 tpi dibuat oleh dokternya 166, trus berat aku dibuat 79, dan ditulis dikertas kesehatan "kurang sehat karena obesitas" :( pdahl tdi ada temen aku yg cowok badannya lebih gendut dri aku dibuat dikertas kesehatannya "sehat" cuma aku yg dibuat ngk sehat :( itu gmna kak ? berpengaruh ngk sih buat lulus atau ngk nya ? aku pas test tdi lari nya dapet 4 keliling lebih, makasih kak

ak, tinggi aku 169 tpi dibuat oleh dokternya 166, trus berat aku dibuat 79, dan ditulis dikertas kesehatan "kurang sehat karena obesitas" :( pdahl tdi ada temen aku yg cowok badannya lebih gendut dri aku dibuat dikertas kesehatannya "sehat" cuma aku yg dibuat ngk sehat :( itu gmna kak ? berpengaruh ngk sih buat lulus atau ngk nya ? aku pas test tdi lari nya dapet 4 keliling lebih, makasih kak

ak, tinggi aku 169 tpi dibuat oleh dokternya 166, trus berat aku dibuat 79, dan ditulis dikertas kesehatan "kurang sehat karena obesitas" :( pdahl tdi ada temen aku yg cowok badannya lebih gendut dri aku dibuat dikertas kesehatannya "sehat" cuma aku yg dibuat ngk sehat :( itu gmna kak ? berpengaruh ngk sih buat lulus atau ngk nya ? aku pas test tdi lari nya dapet 4 keliling lebih, makasih kak

Unknowmn : saat kelas sebelas, yg harus dipersiapkan adalah sering latihan soal, ikut try out, dan jaga kesehatan agar tidak terkena penyakit kronis

Anonim : liat tes larinya dulu dapet berapa, apakah bisa bersaing dg peserta lain atau tidak

Arimbi ; ukuran bb ideal antara cowok dan cewek terkadang dibedakan. Dapet 4 ato berapapun bkn jd acuan. Soalnya nanti bakal diranking.

Kalo Bea Cukai ada diperhatiin kerapian giginya?

Kak kalau ada satu gigi yang ompong bagian rahang bawah sebelah kanan, itu saat tes masih diperbolehkan melanjutkan tes selanjutnya atau stop dan saat itu juga dinyatakan gagal atau bagaimana kak? Mohon penjelasnya kak.. Makasih..

kak kalo ada yg ompong dan berlubang ada 2-4tan gimana tuh?:(

Ka, kalo misal.a daftar stan.a kelewat 1tahun gmana? Apa bisa ditahun berikut.a ikut daftar/tes stan lg?

@arif kathon dan Salma : Masalah gigi kemungkinan masih bisa lanjut ya, soalnya masih bisa ditoleransi.

@Oktaviana : Selama syarat umur masih lolos, maka masih bisa ikut. Maks umur 20 tahun dan minimal 17 tahun

Kalo patah tulang tapi skarang dah sembuh masuk bea cukai bisa gak ya??

Kalo patah tulang tapi skarang dah sembuh masuk bea cukai bisa gak ya??

Kak misalnya klo larinya 12mnt gk smpai 2,4 km gimana msih bisa lnjut atau engk??

Thanks kak infonya,
Ohiya kak minus mata aku udah besar bnget (min 7) kira2 bisa lolos gak ya? Tp aku mau ambil pajak atau akuntansi

@Putra Ade : Untuk masalah patah tulang dan sudah sembuh insyaAllah bisa lanjut asalkan saat tes lari fisik kamu dapat lolos kualifikasi. Terus untuk berapa jauh jarak lari agar lolos tergantung rata2 jarak lari peserta secara keseluruhan. Karena jarak lari akan diranking secara nasional.

@septiania : untuk pajak dan akuntansi sendiri seperti yang saya katakan sebelumnya tidak ada syarat minus mata. Tapi saran saya kamu lakukan terapi atau pengobtan untuk mencegah minus mata semakin bertambah. Agar nantinya ke depannya tidak akan menjadi mengurangi nilai kesehatan dan kebugaran tubuh kamu. sekian semoga membantu :)
BalasHapus

Thanks kak infonya,
Kak misalnya klo badan saya ngk ideal gmn ya kak :( berat saya 46 tinggi saya 171 tapi untuk yng lain saya rasa sudah normal kak,apakah bisa lolos tidak kak ?

Kak klo cwek masuk bea dan cukai bisa ambil D3 atau cuman bisa ambil D1?

Kak minta pin BB/id line nya dong, aku mau tanya2... soalnya aku ada kekurangan fisik salah satunya tp aku gak bisa kasih tau di sini soalnya ini rahasia hehehe

Kak minta pin BB/id line nya dong, aku mau tanya2... soalnya aku ada kekurangan fisik salah satunya tp aku gak bisa kasih tau di sini soalnya ini rahasia hehehe

Gak harus ideal kok. Yang penting secara organ tubuh sehat semua dan pas tes lari kamu bisa meenuhi standar. Aku dulu pas tes beratku 48 Kg dan tinggiku 173

Silahkan kirim pertanyaan ke email chamim.champ@gmail.com ya :)

Kak kalau buta warna parsial, msh bisa lolos ga?

kak kalau ada polip nilai tes kesehatannya berpengaruh banget yaa?

Untuk buta warna parsial masih bisa kok. Banyak temen2ku yg buta warna parsial juga

Signifikan atau tidaknya saya kurang tahu. Soalnya nilai dari hasil tes kesehatan tidak dipublikasikan

Kak kalau aku pakai gigi palsu pengaruh nggak ya? Masalahnya gigiku ada yang berlubang 2, dan harus dicabut.

Kakak dulu sma smk atau apa? Trus ambil jurusan apa kak??

Kak, mau tanya. Kalo buta warna apakah tes kesehatannya gagal? Tapi pemberitahuan diatas hanya bea cukai yang gak diperkenankan? Apa bener kak? Makasih

kak saya mau tanya, kalau perempuan seperti saya ini kira-kira ada peluang atau tidak ya untuk masuk jurusan bea dan cukai. soalnya saya googling dimana-mana saya jadi nge-down sendiri. ada yang bilang ada kesempatan tapi kecil banget, bahkan ada yang bilang enggak ada.

ada tes perawan gk sih? temen saya tkut ada tes perawan.. gk mau diperiksa periksa

nggak papa sih dek menurutku. Lebih baik pakai gigi palsu dari pada berlubang giginya

Aku SMA IPA dan ambil jurusan akuntansi dek. Gak nyambung ya wkwkwk

Sekarang di Kementerian kauangan ada namanya program "PUG", yaitu program yang membuka kesempatan bagi perempuan untuk berkarya...

memang bea cukai di prioritaskan bagi cowok, tapi bukan berarti tidak ada kesempatan. D1 Bea cukai angkatan 2014 total cewek hampir 50% kok. :)

Maaf ya gaess baru nongol,, masih ngerjain Tugas Akhir nnih... Dan Alhamdulillah udah kelar ... yeayyyy

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Kak saya ga pernah ikut organisasi di smp dan sma,saya cuma ikut ekstrakurikuler dan di ekskul tersebut saya juga bukan termasuk inti, kalo dibilang saya kurang aktif saat di sekolah, sekarang saya sudah kls 12, itu bagaimana kak? Apakah sangat berpengaruh sekali terhadap penilaian? Terimakasih

saya pernah patah tulang lalu operasi pasang pen dan sekarang sudah sembuh tapi masih ada pennya, apa saya bisa lolos tkk? temen kakak yg di stan ada nggak yg pernah operasi pasang pen?

Gapapa kok, asalkan kamu kuat lari aja.

ka kira kira di tes fisik lebih banyak yang lolos atau enggak ka?

jumlah yang diambil dari tes fisik sekitar 50-80% total peserta yang masuk tes fisik.

Kak aku gak ada pengalaman organisasi nih, gimana?

Apakah masih ada kesempatan ikut organisasi atau kepanitiaan? Kalau misal ada ikut aja. Tapi kalau tidak juga tidak apa2. Karena USM tahun 2015 tidak ada tes Wawancara. Tapi ada Kemungkinan diadakkan lagi, tergantung keputusan panitia.

Kak kalo pakai behel bisa diterima enggak kak ?

Kak kalau ada ambeyennya, tapi gak parah gtu gimana? Apa mempengaruhi?

Kalau gigi saya patah habis kecelakaan trus harus pakai gigi palsu permanen, masih bisa nggak kak masuknya??? Entah yang BC ato yang lain

Saran sih segera diobati aja. Gak ada salahnya kan hehe

Kak mau nanya nih kerapihan gigi itu nilainya gimna? Gigi saya kurang rapi soalnya..

Kak saya baru kelas 11 sma . Mau masuk stan tapi buta warna ada peluang gk kak untuk masuk stan . Terima kasih kak

Kak kalau memiliki penyakit luar,
Misalanya luka bakar yang membuat penampilan jelek, kutil di tangan, panu, dll
Bisa masuk gak kk?

Kak kalau memiliki penyakit luar,
Misalanya luka bakar yang membuat penampilan jelek, kutil di tangan, panu, dll
Bisa masuk gak kk?

kak..misalkan bea cukai apa di kerapian gigi dan berkacamata menjadi syarat kelulusan?

Kalo bea cukai kaki o bisa masuk ?

Kalo bea cukai kaki o bisa masuk ?

berarti penilaian dalam tes kesehatan dan kebugaran diakumulasikan ya ka?

Saya kurang paham masalah persentase penilain dari gigi. Soal kerapihan sepertinya tidak begitu dominan.

InsyaAllah masih. Belajar dan latihan mulai dari sekarang saja.

wah panu an, langsung ditolak tuh wkwkwk (bercanda)

setahuku gak masalah kok dek.

untuk kerapihan gigi normal seperti prodi lain. Kalau untk kacamata maks +/- 2

masih bisa. optimalkan di tes kebugaran aja.

Kak kalau gigi aku ompong 1 dan berlubang kayak 4an itu gimana masih bisa test gak?

Hehe ini sekedar bertanya kk,,
Soalnya kawan kawan pada mau tau caranya

Sepertinya masih bisa. Tergantung dengan nilai akumulasi dari semua tes kesehatan. Coba cek up ke dokter dulu :)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Kak kalau disesi wawancara,diwawancarainya pake bahasa apa?bahasa inggris atau bahasa indonesia?

Kak, buat tahun penerimaan 2017 minus 3 masih bisa masuk nggak?

Saat tes kesehatan fisik disuruh lepas baju nggak?

Saat tes kesehatan fisik disuruh lepas baju nggak?

Nggak kok, cuma pas meriksa perut dan dada agak diangkat bajunya. Tapi tenang aja dokternya sesuai dengan jenis kelamin peserta kok

Untuk tahun 2017 belum ada pengumuman resmi nya. Tapi dari tahun2 sebelumnya, prodi selain C diperkenankan kok.

Indonesia dek. Kalo giliranmu munkin pake bahasa zimbabwe wkwkwk

Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang cara keterima test kesehatan pekerjaan berikut artikel yang terkait tersebut di CARA LOLOS TES KESEHATAN KERJA DI PERUSAHAAN BESAR

NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Kak, kalo gigi geraham berlubang 2 masih ditoleransi nggk???

kak taun ini ada tes keperawanan bagi perempuan / engga ya? makasih banyak kakk

makasih kak infonya
https://takdiribnu.blogspot.co.id/

kak kalo tinggi badan kurang gimana? :(

hingga sekarang blm ada ya, nggak tau gmna tahun ini apakah tetap gaada atau ditambah sit up push up

tidak pernah ada tes begitu di stan dek.

Kak mau nanya, kalau kita ada bekas luka di tubuh kita atau ada bekas tanda lahir, apakah masih diperkenankan kah kak? Terimakasih sebelumnya kak(:

Muhammad Hendra f6 Februari 2017 03.03
Kak mau nanya, kalau kita ada bekas luka di tubuh kita atau ada bekas tanda lahir,terus ada varises di kaki kt gimana kak? apakah masih diperkenankan kah kak? Terimakasih sebelumnya kak(:

Tanda lahir bukanlah sebuah halangan kok :)

Assalamu alaikum kak, makasih atas
infonya diatas hehe. Mau sekedar nanya dong kak, kalo ada riwayat penyakit tifus dan cacar gimana ya kak? terus kalau kt ada ambeyen langsung gagal gak kak? terus itu lagi yg tes telinganya gimana kak? soalnya aku sering pake earphone dengan volume gede, ga tau kalo dampaknya bisa bikin aku rada budek:'. Makasih sebelumnya kak, itu pertanyaan2ku mohon dijawab kak^^

Wassalamu alaikum wr.wb

Kak kalau pernah patah tulang gitu, gimana?

Kak mau nanya tolong dijelaskan lagi yang tentang varises karen belum paham dan kebetulan saya sudah sedikit varises tapi hanya sedikit bagaimana kak

Kak mau nanya tolong dijelaskan lagi yang tentang varises karen belum paham dan kebetulan saya sudah sedikit varises tapi hanya sedikit bagaimana kak

Kak mau nanya tolong dijelaskan lagi yang tentang varises karen belum paham dan kebetulan saya sudah sedikit varises tapi hanya sedikit bagaimana kak

Kak mau nanya tolong dijelaskan lagi yang tentang varises karen belum paham dan kebetulan saya sudah sedikit varises tapi hanya sedikit bagaimana kak

kak untuk tes tht itu lehernya dicek nggak ya kak? dicek ada benjolan atau tidak gitu misalnya, lalu jika ada bagaimana? trims

Terima kasih kak artikelnya sangat membantu

Kak, masih ada peluang gak tadi aku lari 12 min hanya dapat 4,5 keliling. Padahal aku cowo. Bagaimana kak ada gak temen kakak dulu cowo gak kuat lari tapi lopos usm stan,

Kemarin baru pengumuman tahap stan
Adikku bisa lari 10 putaran dalam waktu 12 menit tapi dia gak lulus. Padahal temen temenya 8 putan tapi lulus.dia bahkan shuttle run 18 detik dan kupastikan dia sehat sehat aja. Kalau maslahnya di tensi setauku kalau tensinya tinggi gak bakal di Kasih lari.pas dia sehat, kupastikan karena stan mimpinya dari sma makanya dia terus berusah belajar, olahraga. Pergi pagi dari rumah sekolah lanjut les. Tapi aku gak tahu. Aneh sekali. Dia bisa kalah. Aku bahkan gak nyangka. Dari situ aku anggap usaha gak menghianati hasil adalah lot's of bullshit. Thank for your blog. But i didn't believe. Actually i respect you

Assalamualaikum wr.wb. kak mau tanya tentang kesehatan mulut terutama gigi.
kalau 4gigi depan pakai gigi palsu gitu masih bisa ikut tes usm stan egk kak? makasih

kakak kalok boleh tau jurusan apa?

kakak kalok boleh tau jurusan apa?

"Hasil tidak pernah menghianati usaha", Pepatah itu BENAR. Tidak ada yang salah dengan pepatah itu. Tetapi terkadang hidup tidak seperti Matematika, 2x2 tidak selamanya 4. Terkadang bisa 4.1 , 3.9 dst. Jika kita meyakani adanya Tuhan, maka pasti Tuhan menyediakan tempat yang lebih baik dari pada STAN.

Kak kalo ada gigi Graham yg bolong trus umpamanya di ganti gigi palsu. Apakah berpengaruh akan gagal atau tdk?

Assalamualaikum kak
Gigi geraham saya sudah dicabut 1 kiri dan 1 kanan karena berlubang. masih ada kemungkinan lolos seleksi apa tidak?

kak ? tinggi cewek harus berapa ?

Kak kalau tes Kesehatan buat cewek disuruh lepas baju gak?

Siaang kak. Kalo buat perempuan tes fisiknya ada apa aja yaa? Makasih 😃😃

Kak,gigi sya bolong parah kira kira klo ditambal itu masih bsa keterima stan ga?

Kak. Klo gigi bolong itu maksimal berapa ya?? Makasih

Kak masak di malang ngga ada tes ambeien ?

kak di malang beneran gaada tes ambeien?

permisi kak. kalau mata silinder 0,5 masih bisa masuk persyaratannya atau tidak ya? kalau tensi rendah juga masih bisa masuk persyaratannya ga ya? soalnya saya tensinya dibawah 100 kak, jadi down gara2 tensi rendah dan silinder ku. mohon dijawab kak, terimakasih

Terimakasih banyak ya kak sudah berkenan sharing pengalaman yg sangat bermanfaat bagi kami para pejuang ����

Kak saya gigi depan tidak rata apakah masih bisa lolos seleksi stan

Kak saya gigi depan tidak rata apakah masih bisa lolos seleksi stan

Kak gigi depan saya tidak rata apakah masih bisa lolos seleksi

Kalo pas d tes kesehatan gak harus buka baju kan??

Pas tes ada gak di tanya tentang berenang kak?


EmoticonEmoticon