Tips dan Trik Lulus USM STAN Tahap 1




Assalamua’laikum semua…. (Jawab salamnya yaaa…:D)

            Gimana nih? Udah mantep mau masuk STAN. Ato lagi galau gara-gara milih kuliah? Atau beda pendapat ama ortu perihal kuliah? Nah, sekarang aku mau memberi bantuan kepada kalian semua perihal usm STAN. Setidaknya dapat memberi kalian gambaran dan pertimbangan bagaimana dalam memutuskan langkah pendidikan selanjutnya. Apakah UGM, UI, ITB, IPB, UNAIR,dst. Pasti semua hal yang berkaitan dengan nasib kuliah kalian sangat membingungkan kalian. Baik sekarang aku bakal menceritakan perjalananku menuju USM STAN ,Inilah ceritaku …:D
            Mungkin apabila kalian bertanya kenapa aku memilih kuliah di STAN, maka jawabannya adalah takdir Ilahi. Kenapa kok gitu? Yaps, awalnya aku tidak mempunyai keinginan untuk sekolah di STAN. Memang, walaupun dulu kelas 1 SMA sempet pengen kuliah di STAN, namun hal itu hanya ikut-ikutan temen semata. Aku dulu adalah siswa IPA di SMA yang terkenal yang terletak di kawasan Kampung Inggris pare. Aku adalah alumnus SMA Negeri 2 Pare. Sesuai dengan jurusanku saat SMA, yaitu IPA, maka aku tidak tertarik dengan mata pelajaran IPS. Aku dulu adalah maniak biologi. Biologi, mata pelajaran yang setiap hari pasti aku sempatkan membaca bukunya tiap hari. Karena aku seneng ama biologi, aku pun sering ikut berbagai kompetisi dan olimpiade di berbagai PTN. Tak jarang juga aku menjadi pemenang di berbagai lomba yang aku ikuti. Dulu minimal aku pasti dapat masuk perempat/semifinal di olimpiade tingkat nasional di PTN yang aku ikuti. Maka dari itu berbagai sertifikat juara menumpuk di lemariku.
            Kelas 3 SMA, merupakan masa-masa yang sangat menggalaukan semasa SMA :D Pada masa ini aku menghadapi berbagai ujian yang membutuhkan banyak pertimbangan dan pemikiran. Masalahku mungkin sama dengan masalah yang kalian dan kebanyakan siswa SMA hadapi, “SNMPTN”. Yaps, itulah yang membuat aku galau setengah mati dulu.
            Sejalan dengan minat dan bakatku di bidang sains pilihan PTN ku pun gak jauh-jauh amat dengan bidang yang aku minati dulu. Dulu aku memilih 2 PTN yang menjadi idamanku, Unair dan IPB. Di Unair aku memilih fakultas kedokteran dan IPB aku memilih agronomi dan holtikultura. Namun, kedua pilihan tersebut menimbulkan masalah. Kedua pilihan tersebut tidak sesuai dengan keinginan orang tuaku. Masalah biaya dan jarak tempuh dari rumah lah yang menjadi masalah bagi kedua orang tuaku. Berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah, keputusan mengambil jurusan FK adalah keputusan yang penuh risiko. Berhenti di tengah jalan adalah kemungkinan terburuk yang dapat terjadi. Namun, dengan adanya program bidik misi membawa angin segar bagiku. Setelah merundingkan dengan orang tua, aku pun memutuskan untuk memilih FK sebagai pilihan pertama di SNMPTN. Bermodal sertifikat beberapa lomba yang aku menangkan dan prestasi alumni SMA yang baik saat kuliah di FK Unair membuatku tenang saat menunggu pengumuman SNMPTN.
            Tiga bulan setelah pendaftaran, tepatnya tanggal 28 Mei 2013, merupakan hari terburuk bagiku. Pengumuman yang aku nantikan tidak membuahkan hasil yang sesuai dengan harapanku. Tulisan “Gagal SNMPTN” di pengumuman membuatku shock. Aku merasa down saat itu. Puluhan sertifikat yang aku dapatkan tidak ada artinya. Semua usahaku untuk mendapatkan nilai rapor yang konsisten sia-sia dengan gagalnya aku di SNMPTN. Aku pun tidak puas dengan hasil yang kuterima. Setelah aku mengetahui teman-temanku yang dulu peringkatnya berada jauh di bawahku ternyata berhasil lolos SNMPTN FK, FKG, dan Farmasi membuatku tambah galau. Aku gagal move on setelah seminggu pengumuman. Namun, aku berpikir bahwa hidupku gak berakhir disini. Masih ada SBMPTN yang menuggu. Karena penasaran dangan kegagalanku di SNMPTN, aku pun mencoba bertanya kepada guru BK perihal hal tersebut. Guru BK pun menjawab bahwa kegagalanku dikarenakan aku mengambil jalur Bidik Misi untuk Jurusan FK. Siswa bidik misi di FK sering di kesampingkan oleh pihak universitas dalam SNMPTN. Hal ini dikarenakan pemerintah tidak dapat memenuhi biaya pendidikan di FK sepenuhnya bagi siswa bidik misi. Sehingga pihak FK harus menanggung beban yang cukup besar. Setelah mendengar penjelasan dari guru BK, aku pun legowo atas kegagalanku. Emang benar kata orang bahwa untuk menjadi seorang dokter haruslah pintar dan punya banyak uang.
            Setelah kegagalanku di SNMPTN, aku gak mau berlarut-larut dalam kesedihan. Masih ada kesempatan di SBMPTN. Aku pun memilih belajar di rumah dari pada ikut bimbel. Yaps, terlalu mahal  buatku untuk mendaftar di bimbel. Berbekal latihan soal yang aku download dari internet aku belajar di rumah sendirian. Tak ingin mengulang kesalahan kedua, aku tidak memilih FK di pilihan SBMPTN ku. Aku lebih memilih IPB sebagai pilihan pertama, lewat jalur bidik misi tentunya.
            Setelah beberapa minggu SBMPTN, pengumuman pun keluar. Namun, hasil yang aku terima tak terlalu menggembirakan. Aku masuk di pilihan ketiga, Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya. Keinginan untuk masuk IPB tak terwujud. Tetapi aku tak mau menolak takdir. Mungkin ini pilihan terbaik buatku. Akhirnya aku pun melakukan seluruh proses registrasi ulang maba UB. Sekarang aku tinggal menunggu pengumuman penerimaan Bidik Misi.
            Kabar buruk kembali mendatangiku, aku tidak lolos seleksi Bidik Misi UB. Tak berhenti sampai disitu, aku malah mendapat UKT (uang kuliah tunggal) tingkat 4 dari 6 tingkat yang ada. Aku harus mambayar 4 juta per semester dan untuk tahun pertama aku harus membayar 2 semester sekaligus. Jadi totalnya 8 juta. Menurutku ini gak adil, dengan keadaan ekonomi keluargaku bagaimana bisa pihak UB menetapkan UKT setinggi itu. Akhirnya aku membuat keputusan berat, aku harus melepas UB dikarenakan biaya UKT yang terlampau tinggi. Aku mencoba mencari beasiswa kuliah yang lain, namun hasilnya NIHIL.
            Kabar bukanya USM STAN 2013 membawa angin segar buatku. Setidaknya aku masih punya harapan untuk meneruskan kuliah. Saat itu aku punya 2 pilihan yang harus aku terima. LOLOS USM STAN atau MENUNDA KULIAH.
            Memang, jika Allah sudah menetapkan segala hal yang ada di dunia ini. DIA telah memilihkan yang terbaik buat kita. Alhamdulillah aku bisa masuk STAN dan menjadi bagian dari kampus Ali Wardhana ini. :) ayat inilah yang membuatku bangkit ketika aku menerima kegagalan
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” QS. Al-Baqarah : 216

Sesungguhnya apabila kita gagal untuk memperoleh apa yang kita inginkan, mungkin menurut Allah itu buruk bagi kita. Allah telah menyiapkan yang terbaik buat kita.:) La tahzan. Bersabarlah!

Gambaran tentang USM STAN tahap 1
Nah,, setelah kalian membaca kisah panjang saya yang membosankan. Kini saya akan memberi gambaran tentang USM STAN tahap 1.
1. USM STAN tahap 1 merupakan tes masuk STAN yang berupa tes tulis.

2. Tes terdiri dari dua bagian. Tes Potensi Akademik (Seperti Tes IQ) dan Tes Bahasa Inggris (TOEFL).

3. Soal TPA terdiri dari 120 soal yang dikerjakan dalam waktu 100 menit. Tes bahasa inggris terdiri 60 
soal yang dikerjakan dalam waktu 50 menit. Jadi, total mengerjakan 180 soal dalam waktu 150 menit.

4. Tes dibagi atas dua sesi. Pertama adalah sesi TPA. Oleh pengawas kita akan diberi soal TPA terlebih dahulu dan disuruh mengerjakan TPA tersebut dalam waktu 150 menit. Setelah waktu untuk mengerjakan TPA sudah selesai, peserta diizinkan mengerjakan soal bahasa Inggris. Peserta tidak diperbolehkan mengerjakan soal TPA kembali. Namun, dibeberapa rayon ujian oleh pengawas diperbolehkan mengerjakan soal TPA kembali. Tergantung pengawas ya!:D

5. Penilaian soal yaitu benar =+4 , salah = -1 , dan kosong =0
6. Terdapat sistem NILAI MATI. Yaitu sistem yang mengharuskan peserta mampu mengerjakan 1/3 dari soal TPA dan 1/3 dari soal bahasa inggris. Kalau dihitung berarti sama dengan kita harus mengerjakan soal TPA sebanyak 40 soal dan bahasa inggris sebnyak 20 soal. Apabila kurang dari itu berarti langsung gagal sebelum diranking nilainya.

7. Nilai akan diranking dengan seluruh peserta di semua rayon ujian. Jumlah peserta yang diambil untuk lolos tes tahap dua tidak diketahui pastinya. Tergantung kebijakan pihak STAN. Namun, pada saat saya tes dulu. Dari 88.000 peserta diambil sejumlah 7000-8000an peserta.

8. Pengumuman peserta yang lolos tahap 2 biasanya 3 minggu setelah USM tahap 1.

Tips dan Trik lolos USM STAN tahap 1
            Saya akan menshare sedikit tips dan trik yang saya lakukan untuk dapat lolos USM STAN dulu. Saya akan me-rundown persiapan dari 3 bulan sebelum tes sampai hari-H tes. (dengan asumsi tes tulis dilaksanakan pada bulan Juli)

A. Tiga Bulan Sebelum ujian ( April )
            1. Berkonsultasilah dengan orang tua kalian. Apakah keputusan yang kalian ambil sejalan dengan apa yang dikehendaki oleh orang tua. Tidak ridhlonya orang tua dapat menyebabkan kegagalan atas usaha yang kalian lakukan. (Seperti saya contohnya…hehehe :D).

“Dari Abdullah Ibnu Amar al-’Ash Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Keridloan Allah tergantung kepada keridloan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua.” Riwayat Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban dan Hakim.”

            2. Mantapkanlah hati apabila benar-benar kalian ingin masuk STAN. Mendaftar dengan hati yang bimbang dan ragu-ragu akan dapat menyebabkan kegagalan saat tes USM nanti. INGAT!!! “Prasangka Allah sesuai Prasangka hambaNya”.

            3. Carilah info-info tentang USM STAN dari kakak kelas, internet, dan sumber lainya.

            4. Cari materi-materi yang berhubungan dengan TPA dan TOEFL.

            5. Ikutilah bimbingan belajar yang menawarkan program focus STAN.

            6. Ikutilah kursus bahasa inggris, khusunya program TOEFL. Karena bulan April kalian sudah selesai UNAS. Tidak ada salahnya kan menyempatkan waktu untuk datang ke kota saya, Pare, untuk belajar bahasa inggris ke kampung inggris. Banyak program yang ditawarkan di sini. Sekalian sambil belajar TOEFL kalian refreshing setelah UAN SMA. Saya dulu tiap liburan pasti mengikuti kursus di kampung Inggris. :D

            7. Perbanyaklah berdo’a dan memohon kepada Allah. Kerjakanlah sholat malam, dhuha, puasa senin kamis, dan ibadah sunnah lainya. Ingat!!! Kesuksesan yang kita dapat tidak bisa kita raih tanpa adanya pertolongan Allah.
            Agar do’a yang kita panjatkan cepat terkabul. Maka kita perlu berdo’a di waktu yang mustajab. Diantaranya :
                        a. saat berbuka puasa,
                        b. saat hujan,
                        c. saat sepertiga malam,
                        d. saat sujud ketika sholat,
                        e. saat setelah sholat,
                        f. waktu diantara dua khotbah sholat jum’at., dan
                        g. masih banyak lagi.




B.Dua Bulan Sebelum ujian ( Mei )
            1. Mulailah belajar materi dan berlatih soal tiap harinya. Minimal 10 soal tiap hari.
            2. Carilah trik-trik cara cepat untuk mengerjakan soal TPA dan Bahasa Inggris.
            3. Tingaktkan intensitas ibadah harian kalian
            4. Ikutilah Try Out USM STAN yang diadakan oleh bimbel-bimbel dan alumni STAN.

C. Satu bulan Sebelum ujian (Juni)
            1. Berlatihlah soal tiap hari. Minimal 30 soal. Dan tiap akhir pekan, lakukanlah simulasi                          mengerjakan soal USM di rumah. Dengan cara mengerjakan 180 soal dan kalian hitung 
               berapa lama kalian mengerjakan soal tersebut.
            2. Apabila kalian kehabisan stok soal, carilah soal-soal lain dari internet.
            3. Jangan merasa bosan dengan latihan soal. Apabila kalian bosan dengan soal-soal sama yang             kalian kerjakan. Cobalah mencari aktivitas lain yang dapat mengembalikan mood kalian, 
             missal :  nge-game, main music, makan ice cream,dll.
            4. STOP total aktivitas pacaran atau apapun yang berhubungan dengan itu. Kalau bisa putusin               dulu pacar kalian :D. Karena hal tersebut benar-benar menghambat kalian dalam belajar.
            5. Kurangi perbuatan dosa yang kalian lakukan. Karena hal tersebut dapat menghalangi do’a        kalian terkabul. Salah satunya adalah dosa PACARAN :D

D. Satu minggu sebelum ujian
            1. Jangan rubah intensitas belajar kalian. Jangan kurangi atau menambah. Yang penting untuk               dilakuka adalah mereview materi yang udah kalian dapat selama 3 bulan sebelumnya.
            2. Jaga kesehatan kalian baik-baik. Makan makanan yang bergizi, minum vitamin dan olahraga yang teratur. Jangan sampai kalian jatuh sakit saat hari-H. Itu adalah hal yang FATAL.
            3. Mintalah do’a kepada keluarga kalian, ANAK YATIM, tetangga, teman, KYAI, dan siapapun yang kalian kenal. Sesunggguhnya do’a – do’a dari merekalah yang membantuku untuk lolos dulu.

E. Satu hari sebelum hari ujian

            1. Lihat kembali dan pastikan tanggal dan tempat tes kalian. Jangan sampai pada hari H kalian                belum tahu alamat tempat tes kalian.
2. Apabila tempat tes kalian di luar kota, pastikan kalian sudah berada di kota tempat kalian tes. Entah di rumah saudara, kos, villa, atau yang lain. Jangan sampai kalian berangkat dadakan pada saat hari-H. karena ada berbagai faktor penghambat yang tidak terduga yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
            3. Jangan belajar terlalu keras hingga begadang sampai malam. Hal itu tidak bakalan efektif,                 bahkan malah   membebani pikiran kita. Usahakan istirahatkan pikiran kalian. Belajar dan                   berlatih soal terus menerus mungkin membuat otak kalian lelah, maka refresh lah otak                         kalian. Apabila ingin tetap belajar, belajar sekedar review materi yang telah dipelajari.
            4 Tenangkan hati kalian dengan cara banyak berdo’a dan ibadah kepada Allah.          
             Yang  dibutuhkan dalam mengerjakan soal TPA adalah pikiran yang fresh dan hati yang 
              tenang.
            5. Persiapkan barang-barang yang harus dibawa. KTP/SIM, BPU, PENSIL, JAM 
            TANGAN, BOLPOINT, PAPAN ALAS, RAUTAN, TAPE X. Jangan sampai tertinggal di 
             rumah ya.
F. Hari-H ujian.
            1. Perikasalah kembali barang-barang yang harus dibawa.
            2. Jangan berangkat terlalu mepet dengan waktu tes. Usahakan maksimal setengah jam 
                sebelum tes dimulai.
            3. Mintalah do’a dari orang tua kalian.
            4. Usahakan WUDHU terlebih dahulu sebelum berangkat. Hidayah Allah akan mudah masuk                 saat kita dalam keadaan suci.hehehe
            5. Beberapa jam sebelum ujian usahakan JANGAN BELAJAR atau mikirin apapun yang 
                tidak berhubungan dengan ujian. Jangan mikirin kambing tetangga yang lagi hamil ya! :D
            6. Yakin dan mantapkanlah hati sebelum ujian. Hilangkan semua keraguan yang ada. Kalian                   pasti bisa!!!
            7. Jangan gegabah saat mengerjakan. Pelan-pelan tapi pasti. Namun, jangan lupa Perhatikan                    waktu yang tersisa.
            8. Jangan terjebak pada satu soal yang sulit. Tinggalkan saja soal yang memang menyita banyak waktu.
Itu beberapa triks dan tips menghadapi USM STAN tahap 1. Nih, aku juga beri kisi-kisi materi yang sering muncul di USM STAN dan latihan soal. 



+ Kisi-kisi USMSTAN Tahap 1 

+Latihan Soal :
    1. Download

    2. Download

28 comments

"Lolos USM STAN atau menunda kuliah."
Sy dulu jg menerapkan 2 opsi tsbt karna alasan yg hampir sama dgn Anda, biaya kuliah. Dan akhirnya saya mengalami keseluruhan dari opsi tersebut, yaitu menunda kuliah dan akhirnya lolos USM STAN.
Hal yg sy pelajari: Banyak jalan menuju Roma tp jalan-jalan tersebut tak akan berarti tanpa langkah kaki yg kita mulai.
Nice post, gan!
*U know who i am.

Berarti anda lebih memiliki mental yang kuat dan teruji dari pada saya :)
Satu hal yang harus kita yakini adalah Allah selalu memberi jalan yang terbaik :)

postingan yg keren dan memotivasi bgt ka...

Makasi.. semangat buat USM nya ya..:)

terimakasih gan :) nice post:)

hebat gan...

wahhhh, pembukaan motivasinya bener2 bikin tambah semangat. satu jalan soalnya, semoga berakhir di kampus yang sama juga ya Allah, aminnn :))

Terima kasih atas saran masukan dari anda, moga hal ini menjadi amal ibadah dan motivasi yang sangat berharga bagi anak-anak Indonesia yang ingin SUCCES , amin ya robbal alamin

Aamiin, terus berdo'a ya selama nunggu pengumuman. Semangat :)

Terima Kasih banyak ya, saya hanya ingin berbagi pengalaman saja :)

Makasih ka, semoga kita bisa sukses juga ka :)

Makasih banyak kak sarannya ... semoga saya tahun ini masuk stan :) amin ... semoga kita sukses semua , amin YaRabb :)

Nice post kak , semoga bisa nyusul tahun ini :)

keren kk,, artikel kk beri motivasi untuk aku dan teman2 semua makasih y kk...

sekli lagi makasih kk, aku tambah semangat utk belajar lagi.

oya kk kalo ada soal2 stan yg tahn 2008 kebawah kalo boleh bagi dong kk,
ni e-mailku::
nadya.annisa01@gmail.com

@nadya : cek email ya dek :)

for All : Semoga sukses, walaupun sampai sekarang belum ada pengumuman resmi perihal USM STAN 2015. Tetap doa aja ya STAN buka :)

kak, boleh bagi soal juga ya ke email ku budiartihandayani7@gmail.com makasih bgt sebelumnya :)

For Budiarti : Cek email ya dek :)

Kak, bagi soal ke email ku ya makasi :) anindyaisna@gmail.com

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Motivasi kak untuk terus mencoba: ) minta contoh soal dong ka? Kirim ke email sini andreaspranoto@ymail.com terimakasih

BAGUS !!!!
saya bangga padamu, NAK
saya ingin lolos usm stan dan bertemu denganmu

Semoga ketemu sebelum saya Lulus dari STAN :-bd

SubhanAllah.. Memotivasi sekali kak.
Hari ini adalah H-1 USM STAN 2016.
Mohon doanya bagi saya dan teman-teman lain yg menjalankan ujian agar dimudahkan sama Allah. :')
-vina

makasih kak infonya
https://takdiribnu.blogspot.co.id/

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.


EmoticonEmoticon