Persiapan dan Tips Lolos USM STAN 2015


        Ada kabar gembira bagi kita semua, kini manggis sudah ada ekstraknya.... #iklan haha
Kabar gembira setelah sekian lama ditunggu akhirnya angin segar pun mengalir kepada alumni SMA yang harap - harap cemas dengan pendaftaran USM STAN.
        Yaps,, STAN (Kini berubah nama menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN) memang berbeda dengan kampus yang lain, pembukaan pendaftaran mahasiswa kampus ini memang membutuhkan proses yang panjang. PKN STAN adalah kampus yang berada dibawah naungan langsung Kementerian Keuangan RI, jadi butuh proses yang panjang dan penyesuaian dalam menentukan apakah PKN STAN akan membuka pendaftaran mahasiswa atau tidak .
       Baiklah, disini saya akan sedikit berbagi pengetahuan dan pengalaman saya perihal USM PKN STAN dan kiat - kiat sukses LULUS USM PKN STAN 2015.

1. Carilah informasi perihal USM PKN STAN di situs resmi PKN STAN!

        Dari tahun ke tahun tindak penipuan yang mengatasnamakan STAN selalu terjadi dan jumlahnya tidak sedikit. Banyak siswa SMA yang ngebet banget pingin masuk STAN menjadi obyek penipuan. Semisal, untuk USM tahun 2015 ini saja tidak cukup satu dua orang yang telah tertipu. Saya diberi tahu oleh dosen saya yang juga menjadi panitia penerimaan USM bahwa beberapa siswa tertipu dengan modus transfer ke rekening yang mengatasnamakan STAN. Semua informasi USM ada di situs resmi PKN STAN yaitu WWW.STAN.AC.ID dan twitter Badan Eksekutif Mahasiswa STAN (BEM STAN) @bemstan_
Selain di dua situs tersebut, maka segala informasi harus dikroscek ulang kebenarannya.

2. Jangan mudah percaya dengan isu yang beredar yang belum tentu kebenarannya!

      Banyak adik kelas SMA maupun teman sesama blogger menanyakan perihal isu terkait perihal STAN. Apakah STAN masih ikatan dinas? Apakah STAN tetap gratis? Apakah setelah lulus kita bakal menganggur lama? itulah tiga pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh calon mahasiswa baru. Entah dari mana mereka mendapat kabar perihal isu tersebut. Sampai sekarang tidak ada perubahan perihal status kedinasan STAN dan kuliah di STAN tetap tidak dipungut biaya. Kan namanya ganti PKN STAN, masa gak ada yang ganti? Status PKN STAN merupakan peningkatan kualitas proses belajar mengajar di STAN. Berubahnya status Sekolah Tinggi ke Politeknik Keuangan merubah tata kelola dan manajemen kampus Ali Wardana ini. Sedangkan untuk status biaya dan ikatan dinas masih belum ada perubahan. Biaya yang dikeluarkan adalah hanya saat pendaftaraan USM saja, yaitu sebesar Rp250.000 saja! Kalau ingin mengetahui lebih jelas perihal PKN STAN bisa lihat  PMK Nomor 137/PMK.01/2015. 
      Selanjutnya, kalau misal ada oknum yang menawarkan bisa masuk STAN tanpa test dengan menawarkan membayar sejumlah uang maka yakinlah 100% adalah PENIPUAN!!! Penerimaan mahasiswa baru PKN STAN murni melalui TEST. Adapun isu perihal suap menyuap tidak pernah ada dan tidak pernah bisa dipertanggung jawabkan gosip perihal suap menyuap tersebut.


3. Jika ingin masuk STAN, bulatkan tekad dan jangan ragu!
     
      Banyak calon pendaftaran yang belum mendaftar saja sudah banyak menanyakan hal - hal yang aneh dan di luar kapasitas kami sebagai mahasiswa. Misalnya saja perihal gaji yang akan diterima ketika sudah menjadi pegawai, masalah penempatan, intansi, dll. Admin dan teman - teman pun tertawa sendiri dan sempat berpikir "Kalian lo lolos USM aja belum kok pertanyaannya sudah aneh2" hahaha.
Menurut admin ketika pendaftaran USM sudah mendekati hari-H dan kalian masih saja menanyakan perihal positive dan negatif kuliah di STAN serta masih belum yakin 100% dengan pilihan kalian, maka saya bisa menyebutnya sebuah KESALAHAN BESAR bagi kalian. Kenapa bisa?
Dalam menentukan tempat kuliah, idealnya sejak masuk kelas 12 sudah menentukan kemana akan menentukan studi lanjutan. Lalu ketika mendekati pendaftaran atau ujian hal yang ditanyakan adalah perihal proses pendaftaran, syarat pendaftaran, dan rincian teknis pendaftaran atau ujian. Bukan malah perihal status STAN, biaya hidup disana, lingkungan dan berbagai pertanyaan lain yang tidak ada hubungannya dengan ujian atau pendaftaran.
Menurut saya, jika kalian masih bimbang dengan pilihan di STAN , batalkan niat kalian untuk masuk STAN! Kalau kalian saja masih ragu dengan pilihan kalian, bagaimana Tuhan bisa mengabulkan do'a kalian? Kemudian kalau pun kalian lolos USM dan menjadi mahasiswa baru STAN, keraguan yang ada di dalam hati saat mendaftar dulu opsti akan mengganggu proses belajar di STAN dan membuat diri kalian tidak berkembang di STAN. Banyak teman saya yang kehilangan motivasi untuk kuliah di STAN dan memilih untuk men-DO kan diri mereka.

4. Bertanyalah kepada senior ataupun carilah data tentang pengalaman USM tahun sebelumnya

     Selain belajar dan latihan, strategi pun diperlukan dalam USM STAN. Kalian setidaknya harus mengetahui garis besar test tulis dan test kesehatan STAN. Pada postingan sebelumnya saya sudah memposting pengalaman saya perihal USM STAN. Silahkan dibaca ulang

a. Garis besar materi USM STAN

b. Tips dan Trik USM STAN Tahap 1

c. Tips dan Trik USM STAN Tahap 2

5. Persiapkan risiko dan segala kemungkinan buruk yang akan terjadi

     Mendaftar menjadi calon mahasiswa PKN STAN pasti bakal mengorbankan banyak hal. Saya yakin banyak dari calon pendaftar adalah mahasiswa baru yang sudah terdaftar di kampus lain. Maka dari itu ketika calon pendaftar tersebut mendaftar USM STAN pastilah mereka  akan meninggalkan kampus lama mereka. Tidak sedikit teman - teman saya meninggalkan kampus lama mereka demi memilih STAN. FK UI, ITB, STSN, bahkan ada yang sudah diterima kuliah di Malaysia memilih untuk meninggalkan kampus mereka demi STAN. Maka dari itu, satu pesan saya siapkan mental demi semua kemungkinan buruk yang akan terjadi. Jangan sampai kalian menjadi down ketika meyadari bahwa kalian tidak diterima di STAN.


Demikian sedikit cerita pengalaman yang pernah saya alami selama USM - Semester 4 ini. Semoga sukses! See you in Bintaro :)


1 comments:

Kak chamim....
Apa kakak ada contoh soal usm ga kak? Soalnya waktu aku mau download yg di postan kakak itu malah gabisa gtu websitenya kaya terblokir kak hehehe.. bisa tolong banget ga kak? kirim ke email ku kak: juliazminkl01@gmail.com Makasiii banyak kak bantuannya hehe😊😊😊. Doakan aku sukses usm stan 2015 ya kak. aamiin hehehehe


EmoticonEmoticon